Download RPP Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013

RPP Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013 yang akan Bapak/Ibu download ini mudah-mudahan sesuai dengan harapan Bapak/Ibu Guru dalam menlengkapi perangkat administrasi pelajaran Tematik di tingkat SD secara lengkap. Jika dalam proses pendownlodan RPP kurikulum 2013 SD ini tidak sesuai atau terjadi masalah dalam proses download pada link dibawah silahkan untuk menuliskan saran kritik ya Pak/Bu.

RPP Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013 ini merupakan RPP terbaru dan dapat anda terapkan pada tahun ajaran 2016/ 2017. Agar RPP ini lebih aplikatif untuk digunakan oleh anda tentunya harus dilakukan penyesuaian pada beberapa poin penting yang mungkin lebih cocok dengan cara mengajar anda. Untuk mendownload rpp tematik ini silahkan klik pada link download yang telah saya sediakan dibawah. Sesuai dengan judulnya, RPP ini untuk diterapkan pada sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013, dan untuk KTSP dapat anda download pada blog ini juga.

Download RPP Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013 


Sudah menjadi kewajiban seorang guru untuk memiliki sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mengajar kekelas. Dokumen ini menjadi acuan ketika seorang guru menjalankan proses pembelajaran dikelas. Tentunya jika harus diterapkan secara baik, maka RPP tersebut haruslah dibuaoleh guru yang bersangkutan supaya lebih mudah untuk dilaksanakan.( lihat di panduan pembuatan RPP 2013 )


Dalam Kurikulum 2013, standar kompetensi lulusan (SKL) dirumuskan ke dalam tiga domain di atas, yaitu (1) sikap dan prilaku (meliputi: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan); (2) keterampilan (meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta); dan (3) pengetahuan (meliputi: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi).( Liha juga RPP kelas 4 Kurikulum 2013 )

RPP Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013


Dalam membuat RPP Tematik SD Kurikulum 2013 ini tentunya berbeda dengan RPP non tematik yang diklasifikasikan pada mata pelajaran. Dalam RPP Tematik semua mata pelajaran yang diajarkan disekolah diintegrasikan, dalam arti dalam satu kegiatan pembelajaran harus mengandung berbagai materi ajar semua mapel. Sebagai contoh saya ambil Tema: “Diriku” dan Sub-tema: “Aku dan Teman Baru” Kelas 1 SD semester 1. 

Sebelum ke langkah atau cara menyusun RPP pada tema tersebut, kita tentukan dahulu kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) pada pembelajaran 2 ((integrasi PPKn, Bahasa Indonesia, dan Matematika). Integrasi KD dari beberapa bidang studi tersebut dapat dilihat pada “Buku Guru” kelas 1 (Tema 1: Diriku, halaman 8). KI dan KD pada buku tersebut diambil dari Salinan Lampiran Permendikbud No. 67 Tahun 2013, halaman 62 – 86 (silahkan download pada link di bawah). Perlu di catat bahwa KI dan KD yang tercantum dalam Buku Guru perlu disesuaikan lagi dengan KI dan KD pada Salinan Lampiran Permendikbud No. 67 Tahun 2013, selanjutnya indikator yang ada pada buku tersebut perlu dikembangkan, karena indikator tersebut hanyalah sekedar contoh bagaimana merumuskan indikator yang diturunkan dari KD. 

Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah rambu-rambu penyusunan RPP, untuk rambu-rambu penyusunan RPP silahkan download pada link di bawah. Berikut saya contohkan langkah-langkah merumuskan RPP tematik untuk Pembelajaran_2 (Pertemuan ke-2) Kelas 1 semester 1 dengan tema: “Diriku” dan subtema: “Aku dan teman baru.”

Setelah Anda menuliskan: identitas Sekolah, identitas mata pelajaran, kelas/semester, materi pokok, dan alokasi waktu. Kumidian, kita tentukan KD dari KI 3 (pengetahuan), bisa kita ambil dari silabus atau salinan Lampiran Permendikbud No. 67 Tahun 2013. Berdasarkan KD dari KI 3 tersebut, kita coba kaitkan dengan keterampilan apa yang harus dicapai oleh siswa dengan melihat KD dari KI 4 yang sesuai, selanjutnya melalui KD dari KI 3 dan KD dari KI 4 kita kaitkan sikap apa yang dapat dibentuk melalui pembelajaran tersebut.

Untuk memudahkan kita lihat dulu KD dari KI 2 (sikap sosial), lalu kita pilih KD dari KI 2 tersebut yang sesuai. Jika pembelajaran tersebut mengandung atau dapat dikaitkan dengan sikap spiritual, maka kita perlu mengambil KD dari KI 1 untuk dapat dicapai oleh siswa (dalam hal ini, jika dari KD KI 3 dan KI 4 tidak dapat dikaitkan dengan sikap spiritual, maka tidak perlu dipaksakan ada KI 1). Selanjutnya, urutkan sesuai dengan urutan KI dalam penulisan di RPP, yaitu dimulai dengan KD dari KI 1 (jika ada), KD dari KI 2, KD dari KI 3, lalu KD dari KI 4. Selanjutnya dari KD-KD tersebut kita turunkan ke dalam indikator2 ketercapaian kompetensi. 

Setelah kita menetapkan KD dan indikator untuk KI 3 dan KI 4, lalu KD dari KI 2 dan KI 1, kemudian kita tuliskan di RPP dengan mengurutkan dimulai dengan KD dari KI 1 sampai KD dari KI 4. Selanjutnya, rumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan indikator di atas (utamakan dulu indikator dari KD pada KI 3). Berdasarkan indikator dari KD pada KI 3 kita dapat mengintegrasikan indikator dari KI yang lain dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Perlu diperhatikan dalam merumuskan tujuan pembelajaran, hendaknya menggunakan kaidah a (audien), b (behavior), c (condition), dan d (degree), bukan hanya menambahkan kata “siswa dapat” pada indikator.

Kemudian menetapkan langkah-langkah pembelajaran (skenario pembelajaran) sesuai dengan pendekatan, strategi, dan metode yang dipilih. Misalnya dalam RPP yang akan dicontoh berikut ini, Pendekatan : Scientific, Strategi : Kolaboratif & Kooperatif dan Metode : permainan, diskusi, latihan, dan penugasan. Kemudian langkah terakhir adalah merumuskan penilaian terhadap hasil pembelajaran yang meliputi penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

Semoga RPP Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013  ini dapat sedikitnya bermanfaat buat anda guru kelas 4 SD untuk dapat menunjang pembuatan RPP Tematik anda. Kritik dan saran dapat anda cantumkan pada kolom komentar untuk saya jadikan bahan perbaikan blog ini dimasa yang akan datang. Untuk anda Guru SD kelas lainnya saya juga menyediakan Perangkat Pembelajaran Guru SD Lengkap dalam blog ini. 

DOWNLOAD CONTOH EVALUASI DIRI SEKOLAH TERBARU 2017

Related Post

Previous
Next Post »